alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Keutamaan Sholawat Nabi, mengangkat Derajat Hingga Ganjaran Surga

Hairul Alwan Jum'at, 30 Juli 2021 | 09:59 WIB

5 Keutamaan Sholawat Nabi, mengangkat Derajat Hingga Ganjaran Surga
Ilustrasi berdoa, dzikir, doa setelah sholat (Elemen Envato)

Banyak keutamaan sholawat mulai dari mengangkat derajat hingga ganjaran ditempatkan di surga bersama nabi Muhammad SAW di hari akhir kelak.

SuaraBanten.id - Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang keutamaan sholawat nabi bila rutin dilafalkan. Banyak keutamaan yang didapat seorang muslim yang rajin membaca sholawat nabi.

Mulai dari mengangkat derajat hingga ganjaran ditempatkan di surga bersama nabi Muhammad SAW di hari akhir kelak. Keutamaan Sholawat lainnya yakni, Membuat Doa Terkabul, Pahala Berlipat, Mendapatkan syafaat nabi, Dikumpulkan di Surga Bersama Nabi

Dalam Alquran surah al-Ahzab [33] ayat 56. “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Bershalawat artinya, jika datang dari Allah berarti pemberian rahmat, dari malaikat berarti memintakan ampunan, dan jika dari orang-orang mukmin berarti berdoa supaya diberi rahmat. Shalawat memiliki banyak keutamaan yang akan didapat oleh orang-orang yang mengamalkannya.

Baca Juga: Viral Anak Anggota Dewan PKS Acungkan Jari Tengah ke Satpol PP Saat Sosialisasi PPKM

1. Membuat Doa Terkabul

Ilustrasi berdoa, shalat, ibadah. [Shutterstock]
Ilustrasi berdoa, shalat, ibadah. [Shutterstock]

Kedua, dikabulkan doanya. Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

2. Pahala Berlipat

Ketiga, dijanjikan pahala berlipat. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

3. Mengangkat derajat

Baca Juga: Aneh Bin Ajaib! Ngaku Grogi, Penerima Bansos Tarik Aduan Pungli yang Dilaporkan ke Risma

Pertama, diangkat derajatnya. “Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

Baca Juga

Berita Terkait