alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mengajak Teman Bisa Bikin Lebih Rajin Olahraga, Ini Alasannya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana Sabtu, 17 Juli 2021 | 14:29 WIB

Mengajak Teman Bisa Bikin Lebih Rajin Olahraga, Ini Alasannya
Ilustrasi kelas bersepeda. (Shutterstock)

Sering merasa sulit termotivasi untuk olahraga? Mengajak teman olahraga bersama bisa jadi cara ampuh.

SuaraBanten.id - Apakah Anda berniat lebih rajin olahraga tapi selalu berakhir enggan melakukannya? Motivasi olahraga Anda sering kali mendadak hilang entah ke mana.

Jika Anda kurang merasa termotivasi untuk berolahraga, mengajak teman mungkin menjadi pilihan yang tepat. Sebab menurut ahli, berolahraga bersama teman dapat meningkatkan motivasi untuk mencapai target Anda. 

Menurut Daniel Lieberman, paleoantropolog Harvard, tidak ada yang lebih efektif untuk meningkatkan motivasi olahraga kecuali teman. 

"Tidak ada yang bekerja seefektif berolahraga dengan teman-teman," ungkap Lieberman, dilansir dari Insider.

Baca Juga: Maria Vania Bikin Heboh Unggah Video Buka Baju, Ditonton 1,3 Juta Netizen

Membawa pasangan atau teman untuk pergi ke gym disebut membantu meningkatkan ikatan sosial, persahabatan, dan akuntabilitas saat berolahraga. Hal ini membuat Anda cenderung tetap konsisten pada rutinitas latihan Anda.

Penelitian Lieberman telah menunjukkan bahwa manusia mempunyai insentif biologis dan budaya utama untuk menghindari olahraga. Sebab secara historis, manusia menghindari pengeluaran energi yang tak perlu dan lebih digunakan untuk tugas-tugas penting seperti mencari makanan dan meneruskan genetika.

Ilustrasi olahraga. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi olahraga. (Pixabay/Free-Photos)

"Bagi sebagian besar dari kita, susah untuk berolahraga dan kita semua punya naluri mendasar yang dalam untuk menghindari aktivitas yang tak perlu," tutur Lieberman.

Bahkan, orang-orang yang konsisten dengan rutinitas olahraga mereka pun berjuang untuk menemukan motivasi intrinsi agar tetap bergerak.

"Saya pergi lari pagi ini tapi menghabiskan setengah jam untuk mengeluh. Ini sama susahnya bagi saya seperti orang lain," kata dia kemudian.

Baca Juga: Tekan Laju Covid-19, Fasilitas Olahraga Lapangan Pemkab Sleman Ditutup

Seorang teman olahraga dikatakan bisa memberikan penguatan positif dan akuntabilitas seputar latihan. Dalam hal ini, Lieberman mengatakan pengaturan sosial juga bisa mendorong orang untuk berolahraga. 

Olahraga dengan seorang teman atau kelompok yang bersahabat menawarkan insentif dalam bentuk pengalaman sosial yang bermanfaat, serta rasa tak enak untuk mundur dari komitmen kebugaran Anda.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait