alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Alasan Kurma Paling Sering Dikonsumsi Saat Berbuka, Sudah Tahu?

Hairul Alwan Rabu, 14 April 2021 | 16:26 WIB

6 Alasan Kurma Paling Sering Dikonsumsi Saat Berbuka, Sudah Tahu?
Manfaat Kurma yang Tak Terduga (shutterstock)

Selain menjadi sunnah nabi, buah kurma juga banyak dianjurkan sebagai makanan berbuka, buah kurma memang enak dinikmati setelah seharian berpuasa.

SuaraBanten.id - Buah kurma mungkin jadi salah satu buah yang tidak terpisahkan dengan bulan Ramadhan.

Selain menjadi sunah nabi dan banyak dianjurkan sebagai makanan berbuka, buah kurma juga memang enak dinikmati setelah seharian berpuasa.

Buah yang berasal dari Timur Tengah tersebut juga kaya akan gizi dan memiliki beragam manfaat sehat bagi tubuh.

Fakta menyebutkan, kurma telah menjadi makanan pokok di negara-negara Timur Tengah dan telah dibudidayakan sejak ribuan tahun lalu. Buah ini memiliki bentuk lonjong dan warna cokelat hingga kehitaman.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Ramadan Kota Pekanbaru dan Sekitarnya Rabu 14 April 2021

Menurut dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter, berbuka puasa dengan kurma sangat dianjurkan. Ini karena kurma dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Memulihkan energi

Sebanyak 100 gram kurma mengandung sekitar 277 kalori. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi buah ini di waktu berbuka puasa, tenaga akan pulih dalam seketika.

“Kurma sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Setelah selama sehari penuh Anda berpuasa, kurma akan segera mengembalikan tenaga Anda,” kata dr. Kartika.

2. Melancarkan buang air besar

Baca Juga: Suami Istri Boleh Bermesraan Kok Saat Puasa, Namun Ini Syaratnya

Kurma kaya serat makanan, sehingga mencegah penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam usus. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada buah ini juga terbukti efektif untuk melancarkan proses buang air besar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait