facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kerajaan Banten Ternyata Pernah Janji Serahkan Jakarta Pada Raja Inggris

M Nurhadi Kamis, 11 Maret 2021 | 12:47 WIB

Kerajaan Banten Ternyata Pernah Janji Serahkan Jakarta Pada Raja Inggris
Ilustrasi perang kerajaan Banten (Youtube/edhaje)

Sultan Ageng Tirtayasa menjanjikan Batavia kepada Kerajaan Inggris jika mereka berhasil mengalahkan Sultan Haji yang dibantu Belanda.

SuaraBanten.id - Kerajaan Banten tidak bisa terlepas dari perseteruan antar saudara. Salah satunya selama urun 1596-1609, persaingan untuk menduduki posisi wali raja Banten antara kelompok internal keluarga terus terjadi.

Salah satu tragedi yang paling diingat adalah saat perang saudara akibat pengkhianatan Ratu Fatimah terhadap suaminya, Sultan Zainul Arifin yang menjabat Sultan Banten pada kurun 1733-1750.

Selain itu, ada pula perang saudara yang disebabkan pengkhianatan Sultan Haji kepada ayahnya, Sultan Ageng Tirtayasa dengan bersekutu pada penjajah, Gubernur Jenderal Kompeni pada 17 April 1684.

Namun, saat itu tidak hanya Sultan Haji yang meminta bantuan kompeni, melainkan Sultan Ageng Tirtayasa juga meminta bantuan dari Kerajaan Inggris untuk melawan kekuatan anaknya sendiri.

Baca Juga: Terungkap, Meghan dan Harry Sudah Menikah 3 Hari sebelum Royal Wedding

Fakta tersebut terungkap dalam sepucuk surat tahun 1682 yang dilayangkan Sultan Ageng Tirtaysa kepada Raja Inggris Charles II.

Dibuat dengan kertas Eropa dan huruf Arab, saat ini, surat tersebut disimpan di Public Record Office, London, dengan nomor PROCO 77/14,f.112. 

Surat yang ditulis pada tanggal 13 Rabiulawal tahun 1093 H (1682) ini menyampaikan permintaan bantuan dari Sultan Ageng Tirtayasa kepada Raja Inggris untuk berperang melawan putranya.

Untuk diketahui, Kerajaan Banten sejak dulu memiliki perjanjian yang menjelaskan bahwa kedua kerajaan agar saling membantu.

Melalui surat itu pula, Sultan Ageng Tirtayasa berjanji memberikan Batavia atau Jakarta kepada Inggris jika dia berhasil menang.

Baca Juga: Meghan Markel Tuduh Kate Middleton yang Buat Drama Saat Pesta Pernikahan

Berikut isi lengkap surat tersebut,

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait