alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Singgung Energi Fosil, Jokowi Bahas Hydropower Bendungan Sindang Heula

M Nurhadi Kamis, 04 Maret 2021 | 15:13 WIB

Singgung Energi Fosil, Jokowi Bahas Hydropower Bendungan Sindang Heula
Presiden Joko Widodo [Antara]

"Bendungan ini bisa berfungsi sebagai pembangkit listrik. Bisa menghasilkan 0,40 megawatt. Sehingga ke depan bisa dimanfaatkan juga oleh Provinsi Banten," ujar Presiden Jokowi

SuaraBanten.id - Presiden RI Joko Widodo menyebut, bendungan Sindang Heula yang ada di Serang, Banten bisa menjadi salah satu sumber listrik atau pembangkit listrik yang dapat dimanfaatkan pemerintah daerah.

Hal tersebut disampaikan Presiden dalam pidato peresmian operasional Bendungan Sindang Heula yang sudah dibangun sejak 2015 lalu.

"Bendungan ini bisa berfungsi sebagai pembangkit listrik. Bisa menghasilkan 0,40 megawatt. Sehingga ke depan bisa dimanfaatkan juga oleh Provinsi Banten," ujar Presiden Jokowi, Kamis (4/3/2021),.

Presiden juga mengatakan, pemanfaatan bendungan sebagai pembangkit listrik di Indonesia akan semakin karena Indonesia tidak ingin bergantung pada energi fosil.

Baca Juga: Pembangkit Listrik Mikro Bertenaga Matahari Karya Perempuan Yaman

"Karena ini nanti berarti hydropower," ujar mantan Wali Kota Solo tersebut.

Tidak hanya itu, Presiden juga menyoroti potensi bendungan tersebut untuk menjadi kawasan konservasi dan pariwisata.

Jokowi berharap, semua pihak bisa menjaga konservasi di sekitar waduk, sehingga air waduk dapat terus meningkat setiap tahun.

"Dan tentu saja kalau saya lihat tadi, ini bisa menjadi destinasi wisata baru di Banten dan juga mungkin bisa menarik wisatawan dari provinsi lain di luar Banten," ungkapnya. [Antara]

Baca Juga: 4 Warga Tewas, Puluhan Pingsan dalam Insiden Pipa Gas Bocor di Madina Sumut

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait