alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Makin Banyak Pasien COVID-19 Sembuh di Kawasan PPKM, Salah Satunya Banten

Pebriansyah Ariefana Rabu, 24 Februari 2021 | 06:55 WIB

Makin Banyak Pasien COVID-19 Sembuh di Kawasan PPKM, Salah Satunya Banten
Gubernur Banten Wahidin Halim. [Ist]

Tingkat kesembuhan cenderung mengalami tren kenaikan di tujuh provinsi yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

SuaraBanten.id - Makin banyak pasien COVID-19 sembuh di kawasan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, salah satunya banten. Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 banten dari 52,43 persen menjadi 72,97 persen.

Hal itu dikatakan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito. Dia mengatakan tingkat kesembuhan cenderung mengalami tren kenaikan di tujuh provinsi yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Perkembangan kesembuhan cenderung mengalami tren kenaikan meskipun bervariasi waktunya," ujar Wiku dalam konferensi pers Satgas Penanganan COVID-19 di Graha BNPB Jakarta pada Selasa (23/2/2021).

DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali dan Jawa Timur menunjukkan tren kenaikan tingkat kesembuhan saat memasuki tahap ketiga PPKM di tingkat kabupaten/kota. Sementara DI Yogyakarta dan Banten menunjukkan tren kenaikan pada tahap II PPKM.

Baca Juga: Jokowi Disambut Kerumunan Warga Tanpa Prokes di NTT

Namun, tingkat kesembuhan di Jawa Tengah cenderung datar dan bahkan menunjukkan sedikit penurunan pada tahap ketiga PPKM tingkat kabupaten/kota.

Melihat hal itu, Wiku menegaskan bahwa pelaksanaan PPKM yang sudah memasuki tahap ketiga menunjukkan dampak positif terhadap tren kesembuhan.

Hal itu dibuktikan dengan persentase kesembuhan yang mengalami kenaikan, seperti di DKI Jakarta dari 89,22 persen sebelum PPKM menjadi 94,36 persen per 19 Februari 2021, Banten dari 52,43 persen menjadi 72,97 persen, D.I. Yogyakarta dari 66,31 persen menjadi 75,60 persen.

"Tentunya dengan upaya pelaksanaan PPKM Mikro ke hingga tingkat RT/RW dapat semakin mempercepat penanganan pasien positif COVID-19 sehingga menjaga agar persentase kesembuhan ini dapat terus meningkat," kata Wiku.

Dia berharap pelaksanaan PPKM Mikro dapat mendorong kenaikan tren kesembuhan, terutama untuk daerah yang belum mengalami kenaikan signifikan dan yang turun persentasenya. (Antara)

Baca Juga: Kesalahan Sistem Lagi, Hanya 782 Orang Dilaporkan Positif Covid-19 di DKI

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait