alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lampu Sepeda Motor Kurang Terang? Coba Cari Penyebabnya di Daftar Ini

RR Ukirsari Manggalani Senin, 04 Januari 2021 | 17:10 WIB

Lampu Sepeda Motor Kurang Terang? Coba Cari Penyebabnya di Daftar Ini
Lampu depan Suzuki Smash F1 Sebagai ilustrasi [Foto PT SIS]

Agar aman di jalan, lampu sepeda motor harus bisa berfungsi optimal. Cari tahu penyebabnya bila tidak bisa benderang di daftar ini.

SuaraBanten.id - Lampu sepeda motor, apalagi bagian depan menjadi perlengkapan berkendara  yang tidak bisa ditawar.  Pasalnya, tanpa kelengkapan lampu yang menyala benderang, bisa terjadi kecelakaan lalu lintas atau laka lantas. Kedua, bila kerusakan tidak diperbaiki, nantinya menyuliskan bila akan digunakan di saat berikutnya. Dan paling berbahaya adalah terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat syarat wajib menyala tidak dipenuhi.

Salah satu cara melakukan antisipasi adalah menyiapkan serep lampu atau cadangan. Selain itu, periksa dahulu penyebabnya. Sangat dianjurkan, sebelum bepergian, cek kondisinya dengan seksama.

Berikut adalah penyebab mengapa lampu motor redup nyalanya, sebagaimana dikutip kanal otomotif Suara.com, jejaring SuaraBanten.id, dari kantor berita Antara dan Suzuki:

Suzuki Satria F150 dengan balutan warna baru. [Antara/SIS]
Suzuki Satria F150 dengan lampu utamanya. Sebagai ilutrasi [Antara/SIS]

1. Mika lampu atau reflektor buram

Baca Juga: Viral Video Razia Motor Knalpot Bising di Lembang, Publik: Auto Jadi Bolot

  • Mika lampu atau reflektor memiliki masa pakai. Jika sudah habis atau lewat masa pakai, sinar yang keluar dari lampu motor akan terlihat redup.
  • Simak usia motor, semakin tua maka mika lampu motor akan berubah menjadi semakin buram. cara mengatasinya dengan mengganti reflektor.
  • Pastikan parepart juga orisinal sesuai jenis motor.

2. Saklar lampu kotor

  • Penting namun sering terlupakan, atau terlewat, bisa terjadi karena masa pakai yang sudah lama dan kurang perawatan. Akibatnya kendor dan sinar lampu tidak stabil bisa terang-redup.
  • Debu dan karat pada saklar lampu juga bisa menjadi pemicu redupnya sinar lampu karena arus listrik yang terhambat. Namun untuk jenis motor keluaran terbaru, hal ini tidak masalah lagi. Karena telah mengadopsi teknologi Automatic Headlight On (AHO). Teknologi ini membuat lampu motor dapat menyala sepanjang waktu tanpa saklar untuk switch on/off.

3. Soket lampu kendor

  • Bila soket lampu kendor, arus listrik yang dihasilkan akan meluber ke mana-mana. Akibatnya, hanya sedikit arus listrik yang sampai pada lampu motor.
  • Soket lampu yang kendor membuat tegangan arus listrik yang dikirim ke lampu motor menjadi kurang maksimal. Hasilnya membuat sinar lampu motor terlihat redup.
  • Antiispasinya adalah pengecekan secara rutin.


4. Socket Lampu Karatan

  • Socket terbuat dari pelat dan bahan logam ini bisa berkarat seiring berjalannya waktu. Salah satu penyebab yang paling umum adalah masuknya air hujandi sela head cover motor.
  • karat tadi menjadi penghambat arus listrik untuk sampai pada lampu. Karat di tengah arus listrik akan menghalangi tegangan yang akan disalurkan ke lampu motor. Akibatnya, lampu motor menjadi lebih redup.
  • Cara mengatasinya dengan mengganti socket lampu.

5. Fitting lampu rusak

  • Fitting lampu yang rusak biasanya ditandai dengan terbakarnya dudukan lampu, di sekitar bagian tembaganya. Sedangkan bagian tembaga penting untuk menghantarkan listrik. Dudukan lampu yang terbakar akan mengganggu arus listrik pada lampu sehingga sinar lampu yang dihasilkan menjadi redup.
  • Cara mengatasinya dengan mengganti fitting lampu motor.


6. Baterai Lemah

Baca Juga: Best 5 Oto: Alex Asmasoebrata Wafat, Motor Matik Standing di Jalur Busway

  • Apabila jenis motor Anda menggunakan sistem penerangan DC, kondisi baterai atau aki harus sangat diperhatikan. Aki merupakan pusat penyimpanan arus listrik pada kendaraan. Baterai atau aki inilah yang berfungsi untuk menyediakan sumber listrik, sehingga mesin kendaraan bisa beroperasi.
  • Bila aki lemah, maka seluruh sistem kelistrikan pada kendaraan ikut melemah. Sumber listrik yang bermasalah akan mengakibatkan sistem kelistrikan tidak dapat berfungsi sempurna.
  • Cara mengatasinya adalah mengecek kondisi aki atau baterai sepeda motor.

7. Pengubah arusnya lemah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait