alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jaga Pasokan Ayam Potong Saat Libur Nataru, BKP Cilegon Buka Layanan 24 Jam

RR Ukirsari Manggalani Senin, 28 Desember 2020 | 08:36 WIB

Jaga Pasokan Ayam Potong Saat Libur Nataru, BKP Cilegon Buka Layanan 24 Jam
Pedagang ayam potong di Pasar Jambul, Jakarta. Sebagai ilustrasi [Suara.com].

Meski situasi libur panjang, pencegahan masuk, keluar, sampai tersebarnya penyakit tidak bisa diabaikan.

SuaraBanten.id - Untuk kebutuhan selama Libur Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru), Balai Karantina Pertanian Cilegon atau BKP Cilegon memastikan pasokan ayam potong yang dikirim dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa dan sebaliknya melalui Pelabuhan Merak dalam kondisi sehat.

Dikutip dari Bantennews, jejaring SuaraBanten.id, kepastian ini disampaikan Kepala BKP Cilegon Arum Kusnila Dewi, pada Minggu (27/12/2020) via pernyataan tertulis.

Selama Libur Nataru, Arum Kusnila Dewi menyebutkan pihaknya tetap memberikan layanan 24 jam untuk pemeriksaan karantina. Termasuk ayam potong dalam jumlah ribuan untuk dikirim ke sejumlah rumah potong ayam di wilayah Jabodetabek.

"Kami pastikan ribuan ayam potong yang dikirim dari Pulau Sumatera terjamin kesehatannya. Ayam yang diperiksa mengantongi Sertifikat Kesehatan Hewan dan Sertifikat Pelepasan yang ditandatangani Dokter Hewan Karantina di wilayah kerjanya masing-masing," tandasnya.

Baca Juga: Khusus Natal dan Tahun Baru, Pelni Buka Rute Sumbar dan Sumut

Juga disebutkan bahwa selama Libur Nataru, BKP Cilegon menyiagakan tim piket khusus Nataru untuk melayani masyarakat yang akan mengirim komoditas pertaniannya melalui Pelabuhan Merak Banten. Tugas pokok dan fungsi karantina untuk mencegah masuk, tersebar dan keluarnya penyakit tidak dapat diabaikan, meski dalam situasi libur panjang seperti sekarang.

"Menjadi tugas kami untuk mencegah masuk, tersebar dan keluarnya penyakit. Di samping memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama yang akan melalulintaskan komoditas pertaniannya melalui Pelabuhan Merak," pungkas Arum Kusnila Dewi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait