alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Beredar Facebook Palsu Wali Kota Serang, Motif Minta Pulsa via Messenger

M Nurhadi Rabu, 23 Desember 2020 | 15:36 WIB

Beredar Facebook Palsu Wali Kota Serang, Motif Minta Pulsa via Messenger
Akun Facebook palsu Walikota Serang minta pulsa (Ist)

"Modusnya sama, minta voucher pulsa biasa. Sebelumnya sudah terjadi seperti ini kepada Bapak Walikota Serang. Setahun lalu," ungkap Hari

SuaraBanten.id - Nama walikota Serang, Syafrudin kembali dimanfaatkan dalam menjalankan aksi penipuan Media Sosial (Medsos) Facebook. 

Dalam menjalankan aksinya, akun Facebook palsu Walikota Serang ini seringkali meminta pulsa melalui Messenger dengan dalih M-Banking sedang trouble, dengan mencantumkan nomor telephone 082213317559.

Kepala Dinas Kominfo (Diskominfo) Kota Serang, Hari Pamungkas, bahwasnya akun Facebook Walikota Serang bukanlah di bajak, tapi ada akun fake.

"Modusnya sama, minta voucher pulsa biasa. Sebelumnya sudah terjadi seperti ini kepada Bapak Walikota Serang. Setahun lalu," ungkap Hari melalui saat dihubungi Suarabanten.id, Rabu(23/12/2020).

Baca Juga: Foto KTP hingga KK, Praktik Jual Data Pribadi Pelamar Kerja untuk Penipuan

Hari menambahkan, meski sudah menjalankan aksinya selama beberapa hari, akun Facebook tersebut saat ini sudah ditangani.

"Untungnya belum ada korban yang dirugikan, dan kita sudah melakukan pemberitahuan kepada masyarakat. apabila ada yang dirugikan segera melapor kepada Pemkot Serang maupun aparat penegak hukum. Agar dapat diproses secara hukum," jelasnya.

Akun Facebook palsu itu menggunakan foto Walikota Serang, Syafrudin yang mengenakan pakai gamis berwarna putih dan kopiah hitam disertai nama Kang Syafrudin (Pusaka Beji).

Sementara akun resmi Walikota Serang, Syafrudin yang mengenakan pakaian berwarna hitam, sorban di leher dan kopiah hitam mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Serang.

"Dulur - dulur. Saya imbau kepada seluruh warga masyarakat Kota Serang dan sekitarnya, harap untuk berhati - hati dengan akun yang bernama Kang Syafrudin (Pusaka Beji), ini akun palsu yang mengatas namakan Walikota Serang. Ciri - cirinya jumlah teman di Facebook masih sedikit dan meminta pulsa. Jika meminta pertemanan, sebagainya mohon untuk diabaikan," tulis akun resmi Walikota Serang, dengan menyertai beberapa foto.

Baca Juga: Menyamar Jadi Orang Hindu Demi Nikahi Kekasih, Pria Muslim Dicokok

Kontributor : Feby Sahri Purnama

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait