alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Asyik, Telah Hadir Agro Wisata Durian dan Kebun Strawberry di Lebak

RR Ukirsari Manggalani Selasa, 01 Desember 2020 | 14:27 WIB

Asyik, Telah Hadir Agro Wisata Durian dan Kebun Strawberry di Lebak
Ilustrasi durian [Pixabay/Thruthseeker08].

Dua destinasi wisata andalan Lebak siap menyambut peminat wisata di Provinsi Banten.

SuaraBanten.id - Kabupaten Lebak yang memiliki nama alias Tanah Multatuli--dipetik dari nama panggung penulis novel Edward Douwes Dekker, penulis novel Max Havelaar yang mengambil setting di Lebak, Banten--terus berbenah untuk memantapkan namanya di sektor pariwisata.

Artinya, akan terdapat beberapa kawasan yang diracik menjadi daerah kunjungan para tamu dan peminat jalan-jalan ke Provinsi Banten. Apalagi sebagai daerah penyangga ibu kota Banten, Serang, Lebak memiliki sederet destinasi unggulan.

Dikutip dari BantenHits, mitra SuaraBanten.id, destinasi wisata paling baru adalah Kebun Strawberry dan Agro Wisata Durian yang muncul dari hasil karya Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak.

Berlokasi di Desa Citorek Tengah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Kebun Strawberry berdiri dari hasil kerja sama Distanbun Lebak dengan Asmat, seorang petani berusia 49 tahun.

Baca Juga: 3 Langkah Mengemudi Aman di Tanjakan, Jangan Lupa Beri Napas Mobil

Sementara Agrowisata Durian berlokasi di Desa Cisimeut Raya, Kecamatan Leuwidamar adalah buah kerja sama Distanbun Lebak dengan Jihan, seorang petani millenial yakni.

"Ini salah satu bentuk mendukung visi misi Bupati Lebak menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan Nasional berbasis potensi lokal," jelas Kepala Distanbun Lebak, Rahmat Yuniar kepada BantenHits, Selasa (1/12/2020).

Berdirinya dua destinasi wisata ini juga menandai penugasan Rahmat Yuniar membuat Proyek Perubahan (Proper) saat pelatihan kepemimpinan tingkat 2.

"Saat pelatihan kepempimpinan tingkat 2 para peserta diwajibkan membuat proper atau proyek perubahan dengan judul peran pertanian dan perkebunan sebagai potensi lokal dalam memperkuat destinasi wisata di Kabupaten Lebak," jelasnya.

"Kebun stroberi dibuat untuk mendukung destinasi wisata "Negeri di Atas Awan", sedangkan menata kawasan agrowisata durian untuk mendukung destinasi Baduy serta penyediaan oleh-oleh khas Lebak di setiap destinasi wisata. Salah satunya jahe merah dan gula aren," imbuh mantan pegawai Dinas Ketahanan Pangan itu.

Baca Juga: Best 5 Oto: Ada Honda CBR1000RR-R Fireblade, Nikita Mirzani - Ussy Motoran

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait