alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kasus Corona di Ibu Kota Melonjak, Ahmad Riza Sebut Faktor Libur Panjang

Erick Tanjung | Fakhri Fuadi Muflih Senin, 16 November 2020 | 18:51 WIB

Kasus Corona di Ibu Kota Melonjak, Ahmad Riza Sebut Faktor Libur Panjang
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. [ANTARA/Ricky Prayoga]

Peningkatan kasus Covid-19 itu terlihat dari melonjaknya kapasitas pasien di Rumah Sakit (RS) rujukan corona dan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

SuaraBanten.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa lonjakan kasus corona dua pekan terakhir adalah faktor libur panjang yang berlangsung pada 28 Oktober hingga 1 November lalu.

Menurutnya peningkatan kasus Covid-19 itu terlihat dari melonjaknya kapasitas pasien di Rumah Sakit (RS) rujukan dan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Selain itu berbagai tempat isolasi juga terus terisi.

"Ya memang ada (peningkatan kasus corona). Sementara menurut pemantauan dan pengecekan data di lapangan, salah satu peningkatan beberapa hari ini karena disebabkan libur panjang dua minggu lalu," ujar Riza saat dikonfirmasi, Senin (16/11/2020).

Riza juga menyatakan angka pasien corona bertambah karena adanya peningkatan kapasitas tes corona. Pihaknya mengaku masih gencar melakukan penelusuran pasien yang tertular sehingga ditemukan pasien positif.

"Jadi pemprov terus meningkatkan kewajiban pemprov yaitu 3T (tracing, testing dan treatment)," kata dia.

Oleh karena itu, Riza meminta agar masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dengan baik. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

"Bukan karena ada petugas dan aturan, tapi lebih kesadaran bahwa pelaksanaan protokol covid adalah suatu kebutuhan yang memang harus kita kerjakan bersama laksanakan dan tegakan bersama," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait