alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Simpatisan Habib Rizieq Parkir Mobil di Tol, Ombudsman RI Buka Suara

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi Selasa, 10 November 2020 | 11:28 WIB

Simpatisan Habib Rizieq Parkir Mobil di Tol, Ombudsman RI Buka Suara
Para remaja dari Tangerang menumpang truk demi menyambut Habib Rizieq. (Suara.com/Irfan Maulana)

Sikap simpatisan Habib Rizieq yang memarkirkan kendaraannya di Jalan Tol menuju Bandara Soekarno-Hatta menimbulkan efek domino.

SuaraBanten.id - Sikap simpatisan Habib Rizieq yang memarkirkan kendaraannya di Jalan Tol menuju Bandara Soekarno-Hatta menimbulkan efek domino.

Sebab, bukan hanya penumpang bandara saja yang terkena dampak, tapi juga memberi dampak pada kegiatan ekonomi, seperti kegiatan kargo.

Menurut Pengamat Transportasi publik Alvin Lie, pilot, awak kabin, penumpang dan petugas-petugas bandara kesulitan mencapai bandara.

"Akibatnya sejumlah penerbangan mengalami penundaan dan bahkan pembatalan. Yang terdampak tidak hanya bandara Soetta tapi seluruh Indonesia," ujar Alvin saat dihubungi, Selasa (10/11/2020).

Alvin yang juga sebagai Anggota Ombudsman RI menuturkan, kondisi yang dialami Bandara Soetta bukan kondisi normal.

Jalan tol maupun bandara Soetta tidak dirancang untuk ledakan massa seperti ini.

"Kelemahan bandara Soetta adalah ketergantungan pada jalan akses tunggal," katanya.

Dalam hal ini, ia menyarankan, agar Pemda atau Polisi maupun Dinas Perhubungan sigap dengan menyiapkan jalur alternatif agar penerbangan bisa kembali normal.

"Ketika terjadi kondisi seperti hari ini, semestinya Pemda/ Dinas Perhubungan siapkan dan publikasikan jalur alternatif. Tidak harus jalan tol," ucapnya.

Arus lalu lintas dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Jakarta macet total. Kemacetan itu disebabkan karena kendaraan milik simpatisan Habib Rizieq Shihab yang parkir di ruas jalan tol bandara arah Jakarta.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait