Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diguyur Hujan Deras Sejak Semalam, BPBD Tangerang: Sungai Cisadane Siaga 2

M Nurhadi Selasa, 22 September 2020 | 12:46 WIB

Diguyur Hujan Deras Sejak Semalam, BPBD Tangerang: Sungai Cisadane Siaga 2
BPBD Tangerang pastikan kondisi Sungai Cisadane masih aman terkendali (Suara.com/Irfan)

"Iya pintu air kemarin yang tidak dibuka sekarang dibuka. Kita antisipasi juga agar di Kabupaten Tangerang aman juga," kata Febi.

SuaraBanten.id - Curah hujan tinggi mengakibatkan sejumlah titik di Jabodetabek mengalami banjir. Meski demikian, informasi untuk wilayah Tangerang kota, meski diguyur hujan semalaman kondisi Sungai Cisadane terpantau dinilai masih aman terkendali. 

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik untuk Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Febi Darmawan. Menurutnya, sungai tersebut masih berstatus siaga 2. 

"Kota Tangerang alhamdulilah masih aman. Masih siaga 2. Jadi kalau siaga 2 itu masih aman. Perkiraan kami 6 jam kalau sudah ada genangan baru kita harus antisipasi. Itu siaga 1," ujarnya kepada Suara.com, Selasa, (22/9/2020).

Sejak Senin malam, Kota Tangerang diguyur hujan pihaknya telah melakukan upaya pencegahan banjir. Terlebih, situasi kian waspada menyusul air kiriman dari Bogor. Untuk mengontrol ketinggian Sungai Cisadane pihaknya telah membuka sejumlah pintu air. 

"Iya pintu air kemarin yang tidak dibuka sekarang dibuka. Kita antisipasi juga agar di Kabupaten Tangerang aman juga," kata Febi.

Guna megantisipasi timbulnya banjir, BPBD Kota Tangerang juga telah menyiapkan petugas di beberapa titik lokasi rawan banjir, seperti di Perumahan Ciledug Indah, Kecamatan Ciledug dan Kecamatan Periuk. 

"Periuk hujan deras aman terkendali, genangan di Alamanda tidak ada. Alhamdullah untuk saat ini masih aman tapi kita juga antisipasi kita sudah siagakan anggota untuk banjir kiriman," kata dia. 

BPBD Kota Tangerang saat ini telah menyiapkan skema pengungsian manakala terjadinya banjir. Seperti tata letak pengungsian yang diusahakan agar tak terjadi kerumunan untuk menghindari adanya klaster baru penyebaran Covid-19.

"Kita usahakan orang gak ngumpul di 1 tempat jadi per keluarga kita usahakan seperti itu untuk menghindari baru. Takutnya ada klaster," jelas Febi.

Pantauan Suara.com, di sejumlah titik lokasi Kota Tangerang terjadi genangan air, seperti di Kecamatan Larangan dan Cileduhg Indah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait