Indeks Terpopuler News Lifestyle

HUT ke-13, Kota Serang Bangga Punya 1 Rumah Sakit

Pebriansyah Ariefana Senin, 10 Agustus 2020 | 16:38 WIB

HUT ke-13, Kota Serang Bangga Punya 1 Rumah Sakit
Wali Kota Serang, Syafrudin. (Suara.com/Sofyan Hadi)

Juga punya 16 puskesmas.

SuaraBanten.id - Peringatan HUT Kota Serang ke-13 diisi dengan gelaran Rapat Paripurna antara Pemerintah Kota (Pemkot) Serang bersama DPRD Kota Serang, Senin (10/8/2020), bertempat di gedung DPRD Kota Serang.

Dalam sambutannya, Wali Kota Serang Syafrudin menyampaikan beberapa capaian yang sudah diraih oleh Pemkot Serang. Bahkan menurutnya, beberapa capaian sangat membanggakan meski usia Kota Serang masih terbilang muda, yakni 13 tahun.

Disebutkan, jika penghargaan WTP (wajar tanpa pengecualian) dari BPK RI tiga kali berturut-turut, Kota Layak Anak (KLA) dua kali dan penghargaan untuk penyelenggaran kota sehat menjadi hal membanggakan yang disampaikan Syafrudin.

"Pada awal terbentuknya Kota Serang sebagai daerah otonom baru, hanya memiliki APBD Rp 10 miliar pada tahun 2007. Namun, dalam perjalanannya dan perkembangannya hingga saat ini sudah mencapai Rp 1,431 triliun," ucapnya.

Bahkan, ia pun mengklaim jika angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian Ibu (AKI) serta persoalan gizi buruk di Kota Serang sudah mengalami penurunan.

Sementara fasilitas kesehatan dinilai mengalami perkembangan. Di mana Kota Serang saat ini memiliki 1 Rumah Sakit dan 16 Puskesmas yang 7 di antaranya menerima rawat inap pasien.

"Dari sisi investasi, tahun 2009 iklim investasi hanya Rp 3,2 triliun. Dan pada tahun 2019 mencapai Rp 6,4 triliun," ujarnya.

Ia berharap, di momen HUT Kota Serang ke-13 yang mengusung tema melalui hari jadi Kota Serang kita tingkatkan kewaspadaan covid-19 dengan tatanan hidup baru menuju Kota Serang yang berdaya dan berbudaya tersebut, masyarakat diminta untuk tetap produktif dan menjaga pola hidup sehat di tengah keterbatasan karena pandemi.

"Di hari jadi Kota Serang pada tahun ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena dilaksanakan dengan sangat sederhana di tengah wabah covid-19 ini," tuturnya.

Sementara itu, mewakili Gubernur Banten menghadiri acara tersebut. Asisten Daerah (Asda) III Provinsi Banten, Syamsir Alam menyampaikan, jika Kota Serang yang merupakan Ibukota Provinsi Banten memiliki wilayah yang startegis.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait