5 Makanan Penyebab Bau Badan Selain Bawang

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
5 Makanan Penyebab Bau Badan Selain Bawang
Cara mengatasi bau badan tak sedap secara alami dan cepat [tees.co.id]

Bawang memang menyebabkan bau badan. Tapi ternyata bawang bukan makanan satu-satunya yang membuat badan berbau tak sedap.

SuaraBanten.id - Masalah bau badan bisa membuat seseorang merasa tak percaya diri dan menimbulkan rasa tak nyaman.

Bicara soal bau badan, selama ini bawang kerap dituduh sebagai salah satu makanan yang dapat menyebabkan bau tak sedap pada seseorang.

Tapi ternyata ada makanan lain yang tanpa sadar bisa memicu bau badan tak sedap. Berikut adalah lima makanan yang bisa membuat bau badan dikutip Suara.com dari The Daily Meal berikut ini.

1. Jinten

Ilustrasi jinten (Shutterstock)
Ilustrasi jinten (Shutterstock)

Bahan rempah ini memang lezat digunakan dalam masakan, tapi sayangnya tidak sebanding dengan bau busuk yang menyertainya. Aroma rerempahan seperti kari dan jinten dapat mendominasi ruangan, termasuk juga di pori-pori kulit selama berhari-hari.

Alih-alih menggunakan jinten menyebabkan bau, maka cobalah menggunakan kapulaga, benih tanaman aromatik sejenis jahe, yang akan meresap cepat ke dalam tubuh dan membuat aroma jadi lebih segar.

2. Brokoli, Brusell, dan Kecambah

Ilustrasi brokoli (shutterstcok)
Ilustrasi brokoli (shutterstcok)

Tiga hal ini masuk dalam makanan yang dapat memicu bau badan. Penyebabnya ada pada efek perut kembung, belerang dalam makanan ini bisa memicu bau seperti telur busuk.

Disarankan saat memasaknya, kombinasikan dengan rerempahan seperti kunyit, ketumbar yang bisa mengendalikan emisi atau sisa-siga gas di tubuh.

3. Makanan cepat saji

Ilustrasi makanan cepat saji [shutterstock]
Ilustrasi makanan cepat saji [shutterstock]

Kita sadar betul bagaimana makanan tinggi gula yang banyak di makanan cepat saji, bisa mengacaukan hormon dan metabolisme tubuh, ditambah mereka juga bisa memicu bau badan.

Senyawa kimia dalam makanan tinggi gula juga memicu indeks glikemik yang tinggi, lalu mengacaukan susunan kimiawi dalam darah.

Senyawa inilah yang bercampur dengan bakteri kulit dan menyebabkan bau badan. Jadi cobalah hindari mengonsumsi permen dan minuman kopi dengan tambahan gula.

4. Daging merah

Daging merah, daging mentah. (Shutterstock)
Daging merah, daging mentah. (Shutterstock)

Sangat lezat dipanggang atau dibuat steak dengan dagingnya yang juicy. Tapi sayangnya hasil penelitian di Republik Ceko menunjukkan laki-laki pemakan daging dibanding lelaki vegetarian cenderung lebih berbau busuk.

Cara sederhana untuk menghilangkan bau busuk adalah ganti dengan makanan laut atau makanan vegetarian seperti kacang-kacangan atau yang mengandung serat.

5. Makanan pedas

Resep Kari Ayam. (Shutterstock)
Kari Ayam. (Shutterstock)

Memang tidak semua makanan pedas berbau busuk, tapi makanan pedas berbau ini seperti kari. Tapi kesamaannya, makanan pedas membuat keringat keluar jauh lebih banyak.

Karena memicu lubang keringat terbuka lebih besar, maka disarankan tidak mengonsumsinya saat makan malam. Jadi bisa pesan makanan yang lebih ringan, tanpa meminta tambahan saus atau sambal.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS