alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Herbal Atasi Nyeri Asam Urat, Mudah Didapat!

Risna Halidi Selasa, 30 Juni 2020 | 12:26 WIB

5 Herbal Atasi Nyeri Asam Urat, Mudah Didapat!
Ilustrasi radang sendi, asam urat, nyeri sendi. (Shutterstock)

Asam urat merupakan penyakit persendiaan yang sangat nyeri tak tertahankan.

SuaraBanten.id - Asam urat bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

selain obat medis, asam urat ternyata bisa diatasi oleh berbagai herbal atau obat tradisional yang bisa ditemui sehari-hari. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut lima herbal tradisional yang dipercaya bisa mengobati asam urat yang membandel!

1. Jahe

Teh jahe. (Shutterstock)
Teh jahe. (Shutterstock)

Salah satu rempah yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat adalah jahe.  Anda bisa mengurangi rasa sakit pada bagian sendi yang disebabkan penyakit asam urat tersebut. Selain itu bahan tradisional ini dapat digunakan dalam memperlancar pernafasan serta pencernaan. Obat tradisional tersebut bekerja membersihkan adanya tumpukan purin di bagian darah serta di bagian persendian.

Baca Juga: Tanaman Herbal Artemisia Ampuh untuk Covid-19?

2. Bunga rosella

Manfaat minum teh rosella (Pixabay/focusonpc)
Manfaat minum teh rosella (Pixabay/focusonpc)

Bunga rosella bisa meredakan nyeri di bagian sendi. Anda dapat menggunakan bunga ini untuk bisa dijadikan sebagai obat tradisional dalam mengatasi penyakit asam urat. Salah satu zat yang dikandung adalah protein esensial dan juga vitamin c. Selain itu juga ada kandungan lainnya seperti asam amino arginina dan juga leginina dimana memiliki manfaat untuk bisa meremajakan bagian dalam sel tubuh.

3. Daun seledri

Ilustrasi seledri. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi seledri. (Sumber: Shutterstock)

Kandungan dari daun seledri antara lain seperti klorin, asam lemak essensial, inositol, asam folat, zeng, sulfur, vitamin B1 serta Vitamin A bermanfaat untuk meredakan nyeri akibat asam urat. Untuk bisa membuatnya, maka Anda bisa mengambil kurang lebih tiga gram atau kurang lebih lima helai daun seledri.

Selanjutnya cuci dahulu dengan bersih. Setelah itu merebus sampai air rebusan tersebut mendidih, gunakan air sebanyak 100 cc. Kemudian Anda bisa menyaringnya dan menuangkannya ke dalam gelas. Setelah itu Anda bisa meminumnya yaitu satu kali dalam sehari dengan rutin agar khasiatnya cepat dirasakan.

Baca Juga: Peneliti Sambut Baik Ramuan Herbal untuk Lawan Covid-19

4. Daun sirsak

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait