Bom Sepanjang 30 cm Bersarang di Rumah Tua di Serang Banten

Pebriansyah Ariefana
Bom Sepanjang 30 cm Bersarang di Rumah Tua di Serang Banten
Sebuah bom ditemukan di Serang, Banten. (Suara.com/Yandhi)

Bom Mortir itu diduga sisa perang.

SuaraBanten.id - Sebuah bom ditemukan di Serang, Banten. Bom itu jenis mortir yang ditemukan warga disebuah rumah kosong yang ada di RT 01, RW 07, Kelurahan Lontar, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten.

bom Mortir itu diduga sisa perang. Sang penemu bom, Sugiatno Sastra (67) menjelaskan jika menemukan bom itu saat membuang sampah.

"Memang tiap hari saya buang sampahnya di situ .Rumah kosong sudah lama," kata Sugiatno ditemui di lokasi kejadian, Selasa (16/06/2020).

Bom itu ditemukan Selasa pagi tadi sekira pukul 07.00 wib. Sugiatno kemudian melapor ke kepala RT yang selanjutnya kejadian itu dilaporkan ke Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Menurut Kepala RT setempat, Dede Sudrajat (58), rumah tua itu diperkirakan sudah kosong selama 15 tahun dan kerap berganti kepemilikan. Dia tidak mengetahui secara pasti pemilik rumah tersebut.

Baca Juga: Warga Tongas Dibikin Resah Pelemparan Bom Ikan yang Menyasar Rumah Warga

"Warga saya buang sampah, lihat benjolan, terus dikorek ada besi memanjang. Terus lapor ke Babinsa. Babinsa lapor ke Brimob, ke komandan nya. Sekitar 15 tahunan kosong. Pemiliknya orang jauh. (Rumah bergaya) Bangunan Belanda, rumah ini sudah di jual-jual," kata Kepala RT 01, Dede Sudrajat.

Penemuan mortir yang diperkirakan peninggalan perang kemerdekaan itu diperkuat oleh pernyataan personil Brimob yang berada dilokasi, Iptu Wahijan, yang menduduki posisi Kanit 1 Den 1 Sat Brimob Polda Banten.

Menurut Wahijan, bentuk mortir itu memanjang sekitar 25 centimeter (cm) sampai 30 cm. Bagian belakang mortir sudah berkarat, dipenuhi lumut dan masih aktif.

Baca Juga: Rumah Dilempar Bom, Anggota DPRD Aceh Barat Selamat

"Barang dibawa ke Mako Gegana, selanjutnya akan kita disposal atau dihancurkan untuk kepentingan orang banyak, SOP kita seperti itu. Mortir lama dan masih aktif. Model lama. Bisa juga jaman kemerdekaan," kata Iptu Wahijan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS