Ingin Habiskan Malam Tahun Baru di Anyer? Perhatikan Imbauan Ini

Chandra Iswinarno
Ingin Habiskan Malam Tahun Baru di Anyer? Perhatikan Imbauan Ini
Ribuan kendaran memenuhi jalan menuju kawasan wisata Anyer. (Anggy Muda/Suara.com)

Rekayasa lalu lintas tersebut ditujukan kepada masyarakat dari luar Banten yang akan berlibur di kawasan pesisir wilayah barat Pulau Jawa tersebut.

SuaraBanten.id - Kepolisian Resor (Polres) Cilegon menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk persiapan libur Natal dan Tahun Baru di sejumlah titik dan lokasi wisata daerah tersebut.

Rekayasa lalu lintas tersebut ditujukan kepada masyarakat dari luar Banten yang akan berlibur di kawasan pesisir wilayah barat Pulau Jawa tersebut. Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cilegon AKP Ali Rahman mengimbau kepada masyarakat dari luar Banten diimbau melalui jalan Tol Tangerang-Merak (Tamer) kemudian keluar di Gerbang Tol (GT) Cilegon Timur dan masuk ke Jalan Lingkar Selatan (JLS), lalu keluar di pertigaan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten.

"Nanti kita lihat eskalasai menuju Anyer, (jika padat) akan kita lakukan one way menuju Anyer dari JLS. Kemudian kita tutup di hotel Mandalika. Kemudian kita tarik semua arus satu arah masuk ke Anyer semua. Cilegon Barat nanti akan kita arahkan ke kawasan industri, nanti lewatnya Ciwandan," katanya saat ditemui di Pelabuhan Merak Kota Cilegon pada Jumat (20/12/2019).

Dia mengemukakan, jika keluar di GT Cilegon Barat, warga bisa melalui jalan di Kawasan Industri Krakatau Steel. Namun, jika terjebak kemacetan, tidak tersedia warung untuk membeli minuman dan makanan. Sedangkan, jika melalui JLS di sepanjang jalan banyak warung yang menyediakan makan dan minum.

Lebih lanjut, dia memrediksi kepadatan masyarakat akan terjadi pada malam pergantian tahun pada Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020). Ali memrediksi pada Selasa (31/12/2019) wisatawan mulai mendatangi wilayah Anyer hingga Carita, sejak pukul 09.00 WIB hingga puncaknya pukul 24.00 WIB dini hari.

"Kemudian pada tengah malam, pengalaman kita, akan banyak konsentrasi masyarakat di seputar Hotel Marbella dan Patra Jasa. Karena kebiasaan di hotel tersebut dilaksanakan pesta kembang api, masyarakat yang mungkin dari sekitar lokalan dan luar Anyer akan berkonsentrasi disekitar hotel tersebut," katanya.

Kemudian pada Rabu (1/1/2020) sekitar pukul 02.00 WIB, masyarakat lokal akan keluar dari kawasan Anyer untuk pulang ke rumahnya masing-masing. Sehingga diprediksi bisa mengakibatkan kemacetan.

Jika terjadi kepadatan arus lalu lintas kendaraan yang akan keluar dan masuk Anyer, maka akan dilakukan penyekatan di Hotel Mandalika. Nantinya, kendaraan akan dibagi keluar dan masuk Anyer. Namun yang didahulukan, kendaraan keluar wilayah Carita dan Anyer.

Wisatawan yang akan keluar ataupun menuju Carita dan Anyer juga bisa memilih alternatif dari pertigaan Simpang Teneng menuju Padarincang, Ciomas, Palima dan langsung masuk ke GT Serang Timur.

"Nanti kita lihat situasinya yang mana yang lebih memungkinkan atau lebih banyak, akan kita tarik one way. Kalau nanti yang lebih banyak menuju JLS, akan kita sekat di JLS, semua harus keluar dari arah Anyer, jadi kendaraan bisa keluar melalui Ciwandan, JLS, maupun Simpang Teneng," jelasnya.

Kontributor : Yandhi Deslatama

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS