Perbukitan di Kota Cilegon Terbakar Enam Jam, Kobaran Api Dekati Permukiman

Chandra Iswinarno
Perbukitan di Kota Cilegon Terbakar Enam Jam, Kobaran Api Dekati Permukiman
Kebakaran yang terjadi di kawasan perbukitan di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Banten pada Selasa (22/10/2019) sejak pukul 18.00 WIB. [dokumentasi Tagana Kota Cilegon]

Lokasi kebakaran yang sulit dijangkau mobil damkar menjadi kendala yang dihadapi saat pemadaman.

Suara.com - Kebakaran hebat melanda perbukitan di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Banten pada Selasa (22/10/2019) sejak pukul 18.00 WIB. Lantaran lokasinya yang tidak bisa dijangkau kendaraan pemadam kebakaran, api terus menjalar hingga ke perbukitan di perumahan Palm Hils yang berlokasi di Kelurahan Kota Bumi, Kecamatan Purwakarta.

Dari informasi yang dihimpun, api tersebut melahap habis perbukitan yang bisa terlihat dari Tol Tangerang-Merak. Bahkan, diperkirakan sudah hampir enam jam api melahap perbukitan yang kering di Kota Cilegon, akibat musim kemarau yang berkepanjangan.

"Sampai sekarang belum padam ini. Naik ke atasnya susah. Mobilnya (damkar) juga enggak bisa naik. Sudah dekat perumahan," kata petugas Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Cilegon, Faturohman saat dihubungi pada Selasa (22/10/2019) malam.

Dikemukakannya, tim pemadam yang terdiri dari Tagana, Damkar, BPBD, PMI, TNI dan Polri mengalami kesulitan melintasi medan untuk menuju lokasi. Terlebih kondisi pemadaman dilakukan malam hari, dalam kondisi gelap, mereka harus memadamkan api dan juga berhati-hati saat melakukan penyiraman ke kobaran api.

Hingga saat ini, ada dua mobil pemadam kebakaran yang diperbantukan untuk memadamkan api, yakni mobil Damkar dari ASDP Pelabuhan Merak satu unit dan dari Damkar Pemkot Cielgon satu unit.

"Tadi juga mobil suplai pengisi air sampai ditarik sama mobil BPBD. Ada dua mobil damkar yang nyiram ditempat ini, dua lagi mobil penyuplai air," katanya.

Meski begitu, belum diketahui penyebab serta luasan areal perbukitan yang terbakar, karena petugas gabungan masih fokus memadamkan api agar tidak merambat hingga perumahan dan perkampungan warga. Lantaran, lokasi kebakaran berdekatan dengan perumahan Palm Hills dan Desa Serdag.

"Belum tahu ini penyebab (kebakaran)nya, luasnya juga. Masih pemadaman dulu," katanya.

Kontributor : Yandhi Deslatama

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS