Peziarah Datangi TPU Teluk Pucung Selepas Salat Ied

Chandra Iswinarno
Peziarah Datangi TPU Teluk Pucung Selepas Salat Ied
Warga Kota Bekasi mendatangi TPU Teluk Pucung untuk berziarah selepas Salat Ied, Rabu (5/6/2019). [Suara.com/M Yacub Ardiansyah]

Usai Salat Ied warga berdatangan berziarah ke TPU Teluk Pucung Kota Bekasi.

Suara.com - Hari pertama Idul Fitri 1440 Hijriah, peziarah memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) Teluk Pucung, Jalan Raya Perjuangan, Kelurahan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Warga berbondong-bondong bersama sanak saudara menziarahi makam orangtua dan saudaranya yang lebih dulu pergi atau meninggal dunia.

Salah satu peziarah, Cicih (51) mengaku tradisi ziarah kubur kerap dilakukannya dalam momen hari raya Idul Fitri.

"Tujuannya adalah mengingat kepada orang tua atau saudara yang telah berpulang kerahmatullah, berdoa dan meminta ampunan kepada Allah," kata Cicih, Rabu (5/6/2019) kepada Suara.com.

Menurutnya, sesuai dengan ajaran nabi dan kitab suci Alquran, ziarah kubur adalah salah satu cara meminta pertolongan kepada yang maha pencipta.

"Agar ada kemudahan di alam kubur, dan kita yang masih hidup di dunia sedianya memafkan saudara-saudara kita yang telah meninggak dunia," tambahnya.

Cicih sendiri setiap tahun melakukan rutinitas ziarah kubur pada momen Idulfitri. Ia berziarah dari satu makam ke makam yang lain.

"Ke makam orang tua dan saudara kandung yang sudah meninggal. Tradisi ini harus terus ditularkan kepada anak dan cucu kita juga," pungkasnya.

Kontributor : Mochamad Yacub Ardiansyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS