Tiket Pesawat Mahal, Pemudik Lewat Tol Diprediksi Meningkat

Chandra Iswinarno
Tiket Pesawat Mahal, Pemudik Lewat Tol Diprediksi Meningkat
Ilustrasi Tol Merak. [Suara.com/Anggy Muda]

Pemudik yang biasanya menggunakan pesawat dari Bandara Soekarno - Hatta (Soetta) kemungkinan beralih melalui jalur darat.

Suara.com - Pemudik yang melintas Jalan Tol Tangerang - Merak (Tamer) pada Idul Fitri 2019 akan meningkat hingga 15,69 persen atau menjadi dua juta kendaraan dibanding tahun 2018.

Salah satu faktor peningkatan tersebut karena mahalnya tiket pesawat. Sehingga, pemudik yang biasanya menggunakan pesawat dari Bandara Soekarno - Hatta (Soetta) kemungkinan beralih melalui jalur darat.

"Total arus kendaraan periode H-7 sampai dengan H+7 lebaran sebanyak dua juta lebih kendaraan. (Pemudik meningkat) karena tiket pesawat yang belum turun," kata Presiden Direktur (Presdir) PT Marga Mandala Sakti (MMS) pengelola Tol Tamer, Krist Ade Sudiyono, Selasa (14/05/2019).

Lebih lanjut, Krist memprediksi puncak mudik di ruas Tol Tamer terjadi pada H-5 Idul Fitri atau 31 Mei 2019. Saat puncak pertama, Krist memperkirakan ada 173.900 kendaraan yang melintas. Sedangkan, puncak mudik kedua, diperkirakan terjadi pada H-3 Lebaran, atau terjadi pada 02 Juni 2019.

"Sementara arus balik diprediksi puncaknya pada H+3 atau 09 Juni 2019. Maka itu kami maksimalkan pelayanan. Serta adanya kerjasama dengan petugas kepolisian," terangnya.

Kebiasaan pemudik akan memadati Tol Tamer pada malam hari, terutama saat puncak mudik diperkirakan terjadi kemacetan panjang.

"Pemudik akan memenuhi jalan tol pada malam hingga subuh hari. Mereka mengincar sampai di Sumatera pada siang hari," jelasnya.

Kontributor : Yandhi Deslatama

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS